Sabtu, 27 Januari 2007

Kerang Kerang Termahal

Bila kita pecinta masakan seafood, tentu tau jenis kerang mewah nan mahal berikut ini. Selain harganya yang super mahal, rasa dan gizinya juga selangit. Kerang - kerang ini mahal karena cara penagkapannya yang sulit dan jarangnya ketersediaanya. Mari kita simak, kerang apa saja yang termasuk kerang kelas tinggi :

1. Scallop
Kerang ini termasuk kerang yangdagingnya gurih dengan rasa yang sedikit manis. Di seluruh dunia terdapat 300 spesies jenis ini. Namun yang paling populer adalah great scallop yang hidup di perairan Eropa. Ada juga jenis quin scallop yang hidup di Amerika Utara. Dagingnya putih agak keras dan setelah dimasak mudah untuk dipotong potong.
Cocok Untuk : digoreng kering, dipanggang, dibuat salad dan ditumis.

2. Abalone
Kerang jenis ini terkenal dengan harga yang tinggi karena cara memperolehnya juga sangat sulit, bahkan ada yang harus berhadapan dengan ikan hiu yang ternyata juga pemakan abalone. Abalone banyak terdapat di Chili, Jepang, Kalifornia, Australia dan di Selandia Baru. Rasa dari kerang abalone ini sangat lembut dan membuat lidah ketagihan. 
Cocok untuk : salad loco atau salad abalone dengan mayonaise.

3. Oyster
Kerang jenis yang satu ini adalah kerang tertua yang telah dikonsumsi oleh manusia sejak 2000 tahun yang lalu. Kerang ini banyak ditemukan di Amerika serikat, Jepang, Korea. Bahkan sekarang diternakkan di Australia, Kanada, Selandia Baru.
Cocok Untuk : Pate salad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar