Sabtu, 27 Januari 2007

Manfaat Hebat Kacang Hijau

Kacang hijau banyak digunakan untuk makanan maupun minuman. Kita bisa membuat kacang hijau sebagai digunakan sebagai bubur kacang hijau, puding kacang hijau, bakpao isi kacang hijau dan masih banyak lagi. Bunda mungkin penasaran khasiat hebat dari kacang hijau selain dijadikan santapan makanan ataupun minuman, simak ulasan kami berikut ini.


Manfaat Menakjubkan dari Kacang Hijau :

Diabetes
Kacang hijau ini merupakan jenis kacang kacangan dengan indeks glycemics rendah, sehingga aman banget jika dikonsumsi bagi penderita diabetes. Kacang hijau juga sekaligus sebagai bisa membantu pengaturan kadar gula dalam darah. Pada penelitina juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang hijau dan kecambah kacang hijau selama lima minggu mampu mengurangi tingkat glukosa dalam darah, C-peptide, glucagon, dan tingkat urea nitrogen dalam darah.

Protein
Yang perlukita ketahui yaitu kacang hijau mengandung 3,16 gram protein setiap cangkirnya. Meski tak sebesar protein yang terdapat dalam daging, namun kacang hijau memiliki lebih sedikit kandungan lemak dan kolesterol jika dibandingkan dengan daging.

Meredakan Gejala Menopouse
Didalam kacang hijau terdapat kandungan isoflavon yang mampu mengatur aktivitas hormon. Isoflavon adalah salah satu jenis phytoestrogen yang mampu meredakan gejala gejala menopause pada wanita. mengkonsumsi 90 miligram phytoestrogen setiap hari juga mampu mencegah kerapuhan tulang dan osteoporosis yang mengancam wanita setelah menopouse.

Kanker Payudara
Kacang hijau dan jenis kacang-kacangan lainnya mengandung protease inhibitor. Protease inhibitor diketahui mampu mencegah terbentuknya sel tumor dan kanker yang ada pada payudara.

Kolesterol
Kacang hijau yang mempunyai rendah kolesterol dan mengandung banyak serat sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang mempunyaikolesterol yang tinggi. Serat dalam kacang hijau membantu sitem pencernaan sekaligus menurunkan tekanan darah. Direkomendasikan mengkonsumsi 10 - 25 gram serat setiap hari, sementara itu kacang hijau memiliki 1,9 gram serat per cangkir.

Demikian ulasan tentang manfaat yang bagus tentang kacang hijau, semoga artikel ini dapat membantu anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar