Minggu, 28 Januari 2007

Makna Warna Warni Pada Sayuran Dan Buah

Sayuran dan buah yang berwarna warni ternyata bukan hanya sebagai pemanis belaka. Namun di balik warnanya yang beragam, buah dan sayuran memiliki kandungan dan manfaat yang beragam bagi kesehatan kita. Jadi kita bisa tau sayuran dan buah dengan warna tertentu memiliki manfaat yang berbeda tiap warnanya. Resep Komplit kali ini membahasnya secara lengkap dan terperinci. Semoga dengan mengetaui informasi ini, kita akan lebih bisa memilih buah atau sayuran yang tepat untuk kesehatan kita.



1. Hijau.
Sayuran dengan warna hijau banyak mengandung indol, isotiosianat. Yaitu dapat melindungi tulang, gigi dan fungsi penglihatan kita. Selain itu juga, sayuran berwarna hijau memiliki kemampuan untuk mencegah munculnya penyebaran sel kanker.

2. Merah.
Kalau sayuran dengan warna inibanyak mengandung likopen, antosianin. Selain itu dapat mencegah beberapa jenis kanker juga dapat melindungi saluran kencing dari infeksi.

3. Jingga dan Kuning.
Sayuran dan buah dengan warna ini ternyata mengandung karotin, lutein, zeaxanthin dan flavonoid yang dapat meningkkatkan daya tahan tubuh juga dapat mencegah kerusakan syaraf dan mata.

4. Ungu dan Biru.
Sayuran atau buah ini biasanya mengandung antosianin yang dapat melindungi fungsi syaraf dan menurunkan resiko beberapa jenis kanker termasuk prostat.

5. Putih.
Pada jenis warna putih banyak mengandung alil sulfida. Pada jenis sayuran dan buah warna putih ini ternyata dapat menurunkan LDL  dan resiko penyakit jantung juga dapat membunuh H pilori, yaitu bakteri dalam lambung penyebab gangguan pencernaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar